"Apakah
pembelajaran komputer di usia dini sudah diperlukan saat sekarang"?
Ok,
dengan adanya judul kita yang merupakan kalimat pertanyaan saya akan menjawab
perntanyaan tersebut dengan kata “YA tentu saja perlu” dengan berbagai alasan yang dikemukakan. Komputer, salah satu
bentuk inovasi teknologi, merupakan kebutuhan anak yang harus diperkenalkan.
Melalui benda ini, kreativitas anak sangat mungkin untuk dikembangkan, dan
berbagai informasi dari berbagai belahan bumi lainnya dapat diketahui. Namun
ingat, selain manfaatnya yang sangat banyak, komputer bisa menjadi bumerang.
Bila pengawasan orang tua lemah, anak-anak bisa kecanduan komputer dan
mengakibatkan berbagai dampak yang tidak diharapkan. Apalagi jika dilengkapi
dengan Internet yang mampu membuat siapa pun lupa waktu.
Jaman
sekarang computer merupakan barang sekunder yang mendukung berbagai aktifitas
yang akan kita kerjakan dengan computer hamper semua informasi penting yang
akan menunjang pekerjaan kita akan dapat kita akses melalui internet dan
perkembangan dunia yang wajib kita ikuti akan dapat dengan mudah kita dapatkan
dari sana. Pembelajaran computer yang diberikan sejak usia dini akan sangat
berguna bagi anak karena setelah anak dewasa mereka tidak akan ketinggalan
informasi mengenai perkembangan dunia dan tidak akan canggung dengan
teknologi-teknologi yang ada.
Dengan
teknologi yang canggih seperti sekarang bahkan hampir berbagai fasilitas
canggih pada zaman ini merupakan produk dari pekerjaan yang menggunakan
computer. Dalam Era Seperti Saat ini Pembelajaran komputer Bagi anak usia dini
sangat berpengaruh pada perkembangan stimun atau daya rangsang pada anak agar
anak dapat melatih kemampuan berfikir untuk lebih kreatif, mengenal manfaat
teknologi khususnya dalam penggunaan komputer. mengatasi keterbataasan ruang,
waktu dan daya indera. Dapat Mendorong anak untuk belajar selain metode
verbalistis (dalam bentuk kata-kata tertulis atau lisan belaka). Anak dapat
mempunyai bekal kesiapan yang pasti memasuki gerbang perguruan tinggi.
Pengetahuan yang dibedah dari setumpuk buku, masih yang terlewat yang dapat
ditemukan dari bahan ajar lain yang berserakan di dunia maya dalam bentuk
kode-kode digital. Belajar tatap muka dengan guru atau berdiskusi dengan teman
sebangku akan semakin terlengkapi dengan pembelajaran menggunakan multi media
yang bersifat statis atau interaktif. Komputer dapat juga digunakan untuk
mempermudah menunjukkan pengetahuan, mengganti simulasi yang berbahaya, memberi
daya tarik yang lengkap menyentuh seluruh modalitas manusia lewat desain
multimedia.
Tidak
ada batasan umur untuk mempelajari komputer karena yang menjadi patokan adalah
keterampilan dan kematangan berpikir si anak. Jadi sangat mungkin jika anak
berusia tiga tahun sudah bisa menguasai komputer. Namun, sekali lagi diingatkan
agar orang tua melakukan pengawasan secara ketat. Mereka disarankan untuk
memilih program-program yang sesuai dengan usia anak. Semakin cepat seorang
anak mengenal komputer, kemampuan anak untuk berinteraksi dengan benda ini akan
lebih baik karena kemampuan anak-anak mempelajari sesuatu cenderung lebih cepat
jika dibandingkan orang dewasa. Keuntungan yang bisa diambil dari pembelajaran
komputer pada anak usia dini adalah mereka bisa mendapatkan hal-hal baru yang
bermanfaat di luar pelajaran yang telah didapat di kelas. Selain itu, mereka
bisa mengasah kreativitas di luar kelas melalui program-program yang disediakan
khusus bagi anak. Cara pembelajaran computer pada anak dapat dimulai dengan
pengenalan pada perangkat kerasnya terlebuh dahulu. Seperti monitor, keyboard
dan lainnya baru nantinya anak dikenalkan dengan perangkat lunaknya seperti
games, gambar dan lainnya.
Analisisnya yaitu:
Menurut
saya sudah sangat dibutuhkan, sebab seperti yang kita ketahui sekarang
teknologi semakin lama semakin berkembang. Bagi
anak usia dini sangat berpengaruh pada perkembangan stimun atau daya rangsang
pada anak agar anak dapat melatih kemampuan berfikir untuk lebih kreatif,
mengenal manfaat teknologi khususnya dalam penggunaan komputer. mengatasi
keterbataasan ruang, waktu dan daya indera. Selain itu
dengan berbagai permaian yang terdapat pada komputer juga dapat mengasah
keterampilan dan kemampuan pada anak.
Dengan
mempelajari komputer segala aspek perkembangan pada anak dapat di stimulasi
dengan optimal. Misalkan dahulu sebelum adanya komputer guru harus menggunakan
media seperti gambar dari koran atau majalah, atau guru harus membuat sendiri
gambar tersebut. Tapi sekarang dengan adanya komputer guru dapat menggunakan
gambar yang persis dengan aslinya bahkan dapat gunakan juga gambar animasi
bergerak. Selain itu penggunaan komputer untuk anak usia dini dapat
meningkatkan potensi yang ada pada dirinya.
Selain
manfaat positif terdapat juga hal negatif dari pemakaian komputer seperti anak
tidak tahu waktu, mata anak cepat rusak, sosialisasi dan interaksi dengan teman
sebayanya yang tidak dapat berjalan dengan semestinya, dan berbagai hal
lainnya. Untuk itu dibutuhkan bimbingan dan pengawasan dari orang tua agar efek
negatif tersebut tidak berdampak pada anak. Dan guru harus memberikan
pembelajaran yang sesuai dengan tahap perkembangan anak.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar