Selasa, 04 Desember 2012

Education for All from Sasa




Artikel perlunya pembelajaran komputer saat sekarang pada AUD

"Apakah pembelajaran komputer di usia dini sudah diperlukan saat sekarang"?
Ok, dengan adanya judul kita yang merupakan kalimat pertanyaan saya akan menjawab perntanyaan tersebut dengan kata “YA tentu saja perlu” dengan berbagai alasan yang dikemukakan. Komputer, salah satu bentuk inovasi teknologi, merupakan kebutuhan anak yang harus diperkenalkan. Melalui benda ini, kreativitas anak sangat mungkin untuk dikembangkan, dan berbagai informasi dari berbagai belahan bumi lainnya dapat diketahui. Namun ingat, selain manfaatnya yang sangat banyak, komputer bisa menjadi bumerang. Bila pengawasan orang tua lemah, anak-anak bisa kecanduan komputer dan mengakibatkan berbagai dampak yang tidak diharapkan. Apalagi jika dilengkapi dengan Internet yang mampu membuat siapa pun lupa waktu.
Jaman sekarang computer merupakan barang sekunder yang mendukung berbagai aktifitas yang akan kita kerjakan dengan computer hamper semua informasi penting yang akan menunjang pekerjaan kita akan dapat kita akses melalui internet dan perkembangan dunia yang wajib kita ikuti akan dapat dengan mudah kita dapatkan dari sana. Pembelajaran computer yang diberikan sejak usia dini akan sangat berguna bagi anak karena setelah anak dewasa mereka tidak akan ketinggalan informasi mengenai perkembangan dunia dan tidak akan canggung dengan teknologi-teknologi yang ada.
Dengan teknologi yang canggih seperti sekarang bahkan hampir berbagai fasilitas canggih pada zaman ini merupakan produk dari pekerjaan yang menggunakan computer. Dalam Era Seperti Saat ini Pembelajaran komputer Bagi anak usia dini sangat berpengaruh pada perkembangan stimun atau daya rangsang pada anak agar anak dapat melatih kemampuan berfikir untuk lebih kreatif, mengenal manfaat teknologi khususnya dalam penggunaan komputer. mengatasi keterbataasan ruang, waktu dan daya indera. Dapat Mendorong anak untuk belajar selain metode verbalistis (dalam bentuk kata-kata tertulis atau lisan belaka). Anak dapat mempunyai bekal kesiapan yang pasti memasuki gerbang perguruan tinggi. Pengetahuan yang dibedah dari setumpuk buku, masih yang terlewat yang dapat ditemukan dari bahan ajar lain yang berserakan di dunia maya dalam bentuk kode-kode digital. Belajar tatap muka dengan guru atau berdiskusi dengan teman sebangku akan semakin terlengkapi dengan pembelajaran menggunakan multi media yang bersifat statis atau interaktif. Komputer dapat juga digunakan untuk mempermudah menunjukkan pengetahuan, mengganti simulasi yang berbahaya, memberi daya tarik yang lengkap menyentuh seluruh modalitas manusia lewat desain multimedia.
Tidak ada batasan umur untuk mempelajari komputer karena yang menjadi patokan adalah keterampilan dan kematangan berpikir si anak. Jadi sangat mungkin jika anak berusia tiga tahun sudah bisa menguasai komputer. Namun, sekali lagi diingatkan agar orang tua melakukan pengawasan secara ketat. Mereka disarankan untuk memilih program-program yang sesuai dengan usia anak. Semakin cepat seorang anak mengenal komputer, kemampuan anak untuk berinteraksi dengan benda ini akan lebih baik karena kemampuan anak-anak mempelajari sesuatu cenderung lebih cepat jika dibandingkan orang dewasa. Keuntungan yang bisa diambil dari pembelajaran komputer pada anak usia dini adalah mereka bisa mendapatkan hal-hal baru yang bermanfaat di luar pelajaran yang telah didapat di kelas. Selain itu, mereka bisa mengasah kreativitas di luar kelas melalui program-program yang disediakan khusus bagi anak. Cara pembelajaran computer pada anak dapat dimulai dengan pengenalan pada perangkat kerasnya terlebuh dahulu. Seperti monitor, keyboard dan lainnya baru nantinya anak dikenalkan dengan perangkat lunaknya seperti games, gambar dan lainnya.

Analisisnya yaitu:
            Menurut saya sudah sangat dibutuhkan, sebab seperti yang kita ketahui sekarang teknologi semakin lama semakin berkembang. Bagi anak usia dini sangat berpengaruh pada perkembangan stimun atau daya rangsang pada anak agar anak dapat melatih kemampuan berfikir untuk lebih kreatif, mengenal manfaat teknologi khususnya dalam penggunaan komputer. mengatasi keterbataasan ruang, waktu dan daya indera. Selain itu dengan berbagai permaian yang terdapat pada komputer juga dapat mengasah keterampilan dan kemampuan pada anak.
            Dengan mempelajari komputer segala aspek perkembangan pada anak dapat di stimulasi dengan optimal. Misalkan dahulu sebelum adanya komputer guru harus menggunakan media seperti gambar dari koran atau majalah, atau guru harus membuat sendiri gambar tersebut. Tapi sekarang dengan adanya komputer guru dapat menggunakan gambar yang persis dengan aslinya bahkan dapat gunakan juga gambar animasi bergerak. Selain itu penggunaan komputer untuk anak usia dini dapat meningkatkan potensi yang ada pada dirinya.
            Selain manfaat positif terdapat juga hal negatif dari pemakaian komputer seperti anak tidak tahu waktu, mata anak cepat rusak, sosialisasi dan interaksi dengan teman sebayanya yang tidak dapat berjalan dengan semestinya, dan berbagai hal lainnya. Untuk itu dibutuhkan bimbingan dan pengawasan dari orang tua agar efek negatif tersebut tidak berdampak pada anak. Dan guru harus memberikan pembelajaran yang sesuai dengan tahap perkembangan anak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar